BINTEK SETWAN: Fokus Perencanaan Kegiatan yang Akuntabel
BINTEK SETWAN. Ign Indra Surya saat memberikan sambutan dalam Bintek Setwan Jateng di Kaliurang DIY, Jumat (2/11/2018). (foto teguh prasetyo)

YOGYAKARTA - Persoalan perencanaan kegiatan yang akuntabel menjadi bahasan utama dalam bimbingan teknis (Bintek) Sekretariat DPRD (Setwan) Jateng. Ketua Panitia Penyelenggara Edy Iswanto mengatakan kegiatan bintek itu dilakukan untuk menguatkan peran aparatur sekaligus meningkatkan kualitasnya.

"Bintek tersebut terdiri dari beberapa materi sepeti budaya kerja dan mekanisme perencanaan. Hal itu penting untuk menyusun perencanaan kegiatan yang akuntabel. Diharapkan, kemampuan dalam perencanaan kegiatan bisa meningkat," kata Kabag Umum Setwan Jateng itu dihadapan puluhan peserta bintek di Kaliurang Provinsi DIY, Jumat (2/11/2018).

Sementara, Sekretaris DPRD (Sekwan) Jateng Ign. Indra Surya mengatakan bintek itu digelar untuk meningkatkan pemahaman dalam perencanaan kegiatan ysng akuntabel. Karena, setiap tahun anggaran dituntut untuk membuat kegiatan.

"Untuk itu, perencanaan kegiatan memiliii peran strategis dengan pendekatan publik yang bertujuan untuk kesejahteraan masyatakat. Dengan kata lain, perencanaan itu agar bermanfaat bagi masyarakat," kata sekwan, saat membaca sambutan Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono.

Dikatakannya pula, pemahaman dalam peremcanaan itu disesuaikan dengan visi pembangunan yakni 'Menuju Jateng yang Sejahtera dan Berdikari, Tetep Mboten Korupsi Mboten Ngapusi'. Seiring hal itu, aparatur dituntut memiliki dedikasi, loyalitas, integritas, disiplin, dan komitmen kuat untuk kepentingan masyarakat. 

"Maka, sikap 'Tetep Mboten Korupsi Mboten Ngapusi' itu harus kita pegang teguh untuk Jateng sejahtera dsn berdikari," pungkasnya.

Seperti diketahui, Bintek dengan tema 'Perencanaan Program Kegiatan yang Akuntabel Menuju Jateng yang Sejahtera dan Berdikari, Tetep Mboten Korupsi Mboten Ngapusi' itu bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Untag Semarang. Kegiatan bintek itu sendiri berlangsung selama 3 hari yakni sejak Jumat (2/11/2018) hingga berakhir dengan acara outbond pada Minggu (4/11/2018). (ariel)