​Dewan Dukung Kemandirian Benih Jateng
Pradoto Mahardjono dan M Chamim Irfani. (foto muhamad faiz fuadi)

SALATIGA - Komisi B DPRD Jateng meninjau Balai Benih Tanaman Perkebunan milik Dinas Pertanian dan Perkebunan Jateng di Jalan Hasanudin No. 833 Kota Salatiga, Kamis (2/2/2017). Dalam tinjauan tersebut, kalangan dewan mendukung kemandirian benih di Jateng.

Ketua Komisi B DPRD Jateng M. Chamim Irfani mengatakan, ”sektor pertanian dalam arti luas termasuk di dalamnya perbenihan harus diperhatikan oleh Pemprov Jateng.” Menurut legislator PKB itu selama kepemimpinan Gubernur tiga tahun ini masih terfokus pada infrastruktur sehingga sektor pertanian agak terabaikan.

Anggota Komisi B DPRD Jateng Ikhsan Mustofa berharap, selain kemandirian benih, benih tanaman dari perkebunan Jateng juga mampu lebih unggul dari daerah lain. ”Ketika kita mencari benih tanaman unggul di mesin pencari internet yang muncul adalah benih tanaman dari luar Jateng. Saya harap ke depan Jateng bisa lebih unggul dari daerah lain,” harap Politisi PKS itu.

Sementara, Kepala Balai Benih Tanaman Perkebunan Pradoto Mahardjono mengatakan, “dalam rangka kemadirian benih, sumber benih harus di SK kan oleh Kementerian Pertanian. Dengan SK tersebut, maka Jateng akan menjadi rujukan benih unggul oleh daerah lain,” kata Pradoto.

Ia menambahkan komoditas sumber benih yang sudah di SK kan oleh Menteri Pertanian adalah Lada dan Pala. Sedangkan yang masih dalam proses mendapatkan SK adalah Kelapa Dalam, Kelapa Genjah Entog, dan Cengkeh. (​faiz/ariel)