Dewan Siap Kawal Anggaran Publik
TERIMA PLAKAT. Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman menerima plakat dari Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta M Taufik.(foto: Priyanto)

JAKARTA – Jajaran Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jateng melakukan kunjungan kerja ke DPRD Provinsi DKI Jakarta, Jumat (25/5). Dalam kunjungan itu, tiga Wakil Ketua DPRD hadir langsung yakni M Sukirman, Ferry Wawan Cahyono, dan Ahmadi. Turut menyertai rombongan, Sekretaris DPRD Ign Indra Surya.

​Rombongan DPRD Jateng diterima Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik di ruang rapat Komisi D. Mengawali sambutan, Sukirman menyatakan, maksud dan tujuan kunjungan kerja tersebut adalah untuk mengetahui pembahasan APBD Perubahan 2018 dan APBD 2019. Dipilihnya Jakarta, karena sebagai ibu kota dengan mengelola anggaran Rp 90 triliun tentu menjadi rujukan daerah. Dengan anggaran besar, bagaimana peran DPRD dalam berkoordinasi dengan eksekutif dalam hal ini pemerintah provinsi/kabupaten/kota.  

“Jakarta menjadi tolok ukur dalam mengelola anggaran. Dengan anggaran Rp 90 triliun, bagaimana peran DPRD untuk memperjuangkan anggaran bagi rakyat. Pola pembagian antara infrastruktur, pendidikan, kesra, perlu dibagi,” ungkapnya.

Tidak dipungkiri, pada 2019 memasuki tahun politik ada pemilihan legislatif dan presiden. DPRD tetap fokus mengawal kebijakan anggaran publik, meski fokus pada pemilihan legislatif. Karena itulah, kondisi tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi DPRD se-Indonesia. Pertemuan sekitar 60 menit itu diisi dengan paparan M Taufik selaku tuan rumah yang juga Wakil Ketua DPRD. Ia menegaskan fungsi legislatif adalah penentu penganggaran daerah. Peran inilah yang terkadang menjadi lemah, sehingga fungsi legislasi tidak berjalan.

“Sepanjang benar dan untuk rakyat, perjuangkan dengan benar,” ungkap dia.

Dalam pertemuan itu, turut serta rombongan dari DPRD Kabupaten Malang, dan Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Kalimantan Utara.(priyanto)