Hiasi Desa Parikesit Wonosobo, Dr Rukma Beri Tanaman Hias
BANTU TANAM. Dr Rukma Setyabudi memberi tanaman hias kepada Tugiyono di Desa Parikesit Kabupaten Wonosobo, Selasa (19/3/2019). (foto dok)

WONOSOBO - Ketua DPRD Jateng Dr Rukma Setyabudi mendorong pendirian desa wisata. Dengan adanya desa wisata, pemberdayaan masyarakat akan terkelola dengan baik dan kesejahteraan meningkat.

Hal itu dikemukakannya di sela-sela pemberian tanaman hias kepada warga Desa Parikesit Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo, Selasa (18/3). Di desa tersebut kini sedang dikembangkan menjadi destinasi wisata. Berada di lereng Gunung Sindoro, Desa Parikesit memiliki banyak unggulan. Kekayaan sumber daya alam dan manusia menjadikan desa tersebut kaya potensi unggulan. Dalam kesempatan itu, Rukma membagikan puluhan tanaman hias kepada warga. Ada ketapang kencana, bungur, pucuk merah, flamboyan, dan aneka tanaman lain.

Tugiyo selaku Kepala Desa Parikesit berterima kasih dengan pemberian tanaman hias dari Rukma Setyabudi. Dengan adanya tanaman hias bisa mempercantik lingkungan desa. 

Desa Parikesit berada di sebalah timur kawasan dataran tinggi Dieng atau dekat dengan gapura Dieng Plateu. Penduduk Desa Parikesit umumnya bermata pencarian sebagai petani kentang. Tanaman khas Desa Parikesit adalah carica dan Terung belanda atau Kemar(priyanto/ariel)