Gaji dan Tambahan Penghasilan GTT Tanggung Jawab Pemprov
BACA PERDA. Anggota Komisi E Muh Zen Adv membacakan Perda Penyelenggara Pendidikan dalam Rapat Paripurna DPRD Jateng.(Foto: Teguh Prasetyo)

GEDUNG BERLIAN - Pemerintah provinsi bertanggung jawab penuh pada pemberian gaji dan tambahan penghasilan bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang berstatus sebagai non-ASN atau yang lebih dikenal dengan honorer atau K2 pada satuan menengah dan khusus.

Tanggung jawab gaji dan tambahan penghasilan tertuang dalam Perda Penyelenggaraan Pendidikan yang disetujui DPRD Jateng dalam Rapat Paripurna, Kamis (27/12/2018). Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Sukirman itu dihadiri Wakil Gubernur Taj Yasin.

Muh Zen Adv, anggota Komisik E dalam pembacaan perda menjelaskan, gaji dan tambahan penghasilan menjadi fokus perhatian. Gaji pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan menengah dan khusus yang diselenggarakan pemprov menjadi tanggung jawab Pemprov Jateng.

Gaji pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan menengah dan khsusu yang diselenggarakan oleh masyarakat menjadi tanggung jawab penyelenggara layanan pendidikan.

''Pemprov Jateng memberikan tambahan penghasilan kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang berstatus non-ASN sesuai kemampuan keuangan daerah. Pemprov memberikan tambahan penghasilan dalam bentuk insentif kepada pendidik yang berstatus guru tidak tetap," jelas dia.
 
Disinggung pula soal penguatan pendidikan karakter melalui pengintegrasian materi pembelajaran berupa mata pelajaran yang relevan dengan pendidikan keagamaan dan budi pekerti; kecintaan terhadap Tanah Air; kecintaan terhadap seni dan budaya daerah; antikorupsi; disiplin berlalu lintas; bahaya narkotika dan zat adiktif; kesehatan reproduksi bagi remaja; anti kekerasaan, terorisme dan radikalisme; kegotongroyongan.

Wagub Taj Yasin mengemukakan perda diharapkan dapat mewujudkan tujuan penyelenggaraan untuk menyiapkan SDM yang beriman, meningkatkan akses layanan pendidikan, meningkatkan mutu layanan dan daya saing.(tyo/priyanto)