HPN 2019: Harus Tetap Suarakan Kebenaran
BERI PAPARAN. Gubernur Ganjar Pranowo memberikan paparan di hadapan jurnalis dan pengurus PWI Jateng pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Kabupaten Magelang, Sabtu (23/3/2019).(Foto: Atson Dirga)

MUNGKID -.Kota Mungkid, Kabupaten Magelang menjadi tuan rumah perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 tingkat Jawa Tengah. Peringatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari mulai Kamis (21/3) hingga Sabtu (23/3/2019). Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono berharap organisasi jurnalis semakin maju dengan tetap menyuarakan kebenaran.

"Diharapkan pula, ada penguatan peran jurnalis untuk merawat semangat kebangsaan sekaligus mengedukasi masyarakat dengan berita informasi yang menghibur dan menyejukan," kata Politikus Golkar itu, Sabtu (23/3/2019).

Dalam acara itu, ia juga mengapresiasi gelaran HPN 2019 yang meriah di Mungkid. "Jajaran DPRD Jateng mengapresiasi kawan-kawan PWI Jateng atas kegiatan tersebut. Semoga, dengan bertumbuhnya usia, PWI Jateng semakin bersinergi dengan pemerintah, baik tingkat kota/ kabupaten, provinsi maupun nasional," ujarnya.

Saat acara dimulai, Ketua PWI Kabupaten Magelang Bagyo Harsono dalam sambutannya menjelaskan kegiatan diikuti oleh pengurus PWI kabupaten dan kota. Acara dimulai dengan arung jeram pada Kamis (21/3/2019) dan pada hari berikutnya peserta mengikuti one day tour bareng Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) pada Jumat (22/3/2019). Kegiatan tersebut mengelilingi sejumlah destinasi dan potensi wisata mulai dari Candi Pawon, Candi Mendut, Air Terjun Kedung Kayang, Ketep Pass, dan Wisata Agro Petik Buah Stroberi di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. 

"Kegiatan itu sengaja mengajak mereka (para pengurus PWI se-Jateng) berkeliling ke sejumlah destinasi wisata di luar Candi Borobudur. Kami yakin mereka sudah tahu dan pernah ke Candi Borobudur, karena itu mereka kami ajak ke destinasi lainnya," jelas Bagyo.

Sementara, Sekretaris PWI Jateng Isdiyanto mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas sambutan dan support terutama jajaran pemerintah Kabupaten Magelang yang bersedia mendukung acara HPN tingkat Provinsi Jawa Tengah sepenuhnya. Pj. Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto juga mengaku sangat apresiatif dengan gelaran HPN 2019 di Mungkid. Karena, HPN masuk dalam rangkaian kegiatan pemkab yakni perayaan HUT Kota Mungkid ke-35 yang jatuh pada 23 Maret. 

"Karenanya, persiapkan segala sesuatu semaksimal mungkin. Berikan pelayanan yang baik agar setelah selesai mereka membawa pengalaman yang akan berkesan,” kata sekda.

Untuk diketahui, peringatan HPN ke-73 itu juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Jateng Ahmadi. Acara HPN 2019 tersebut merupakan hasll kolaborasi PWI Kabupaten Magelang bersama PWI Jateng bersinergi dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Magelang. (atson/ariel)