Industri Brand Terkenal Ada di Jepara
KUNJUNGAN KERJA. Wakil Ketua Komisi B Yudhi Sancoyo memimpin kunjungan kerja ke pabrik PT KMJ di Jepara.(Foto: Ariel Noviandri)

JEPARA - Dalam rangka memonitor industri yang ada di kabupaten/ kota, Komisi B DPRD Jateng berkunjung ke pabrik PT Kanindo Makmur Jaya (KMJ) di Kabupaten Jepara, Kamis (17/1/2019). Saat bertemu jajaran manajemen, Wakil Ketua Komisi B DPRD Jateng Yudhi Sancoyo mengaku apresiatif dengan keberadaan pabrik KMJ karena mampu menyerap banyak tenaga kerja dan menyumbang investasi cukup besar untuk daerah.

"Pabrik KMJ merupakan perusahaan asing yang berinvestasi di Jateng sudah mampu menyerap banyak tenaga kerja," kata dewan dari Fraksi Golkar itu.

Menanggapi hal itu, Presiden Direktur PT Kanindo Makmur Jaya Lee Hyeo Jung menjelaskan pihaknya selalu mengikuti aturan pemerintah sejak pabrik didirikan pada April 2014. Soal penyerapan tenaga kerja, pabrik KMJ selalu menambah tenaga kerja yang tidak hanya berasal dari Kabupaten Jepara.

Tercatat, total tenaga kerja saat ini sebanyak 5.800 orang dan 8 diantaranya merupakan tenaga kerja asing. Lee mengatakan, dengan perkembangan industri yang semakin positif, nantinya akan ada perluasan pabrik.

"Selama ini kami memproduksi tas Nike dengan buyer dari negara Amerika Serikat. Produk yang kami hasilkan selama ini 100 persen diekspor dan tidak boleh dijual di dalam negeri," kata Lee.

Dijelaskannya pula, PT KMJ merupakan Grup Kanaan dari negara Korea Selatan. Perusahaan lainnya berlokasi di negara Cina, Vietnam, dan Myanmar.

"Pada 2014, nilai investasi yang kami tanam disini sekitar 15,2 juta dollar Amerika," jelasnya lagi. (ariel)