Jateng Berharap pada Pimpinan Ganjar-Yasin
DIALOG METRO. Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman menggelar acara dialog di Stasiun Metro TV.(Foto: Choirul Amin)

JAKARTA - Provinsi Jawa Tengah resmi memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur baru. Ucapan tersebut dilontarkan Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah Sukirman pada acara Metro Plus bertema "Harapan Baru Masyarakat Jawa Tengah" yang disiarkan langsung di Stasiun Metro TV, Rabu (12/9/2018), pukul 09.30-10.00 WIB.
Dilontarkannya tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menduduki peringkat pertama untuk penurunan angka kemiskinan secara nasional.

"Saya sangat mengapresiasi kinerja PemProv Jateng karena prestasi itu, pun juga dari segi Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga meningkat cukup signifikan", ungkap politikus PKB itu.

Dengan memiliki pemimpin baru, masyarakat Jateng memiliki harapan baru untuk semakin baik dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Lima tahun ke depan DPRD Jateng mendorong pemerintah agar kemiskinan pada satu digit.

Pekerjaan rumah lainnya yaitu soal pemberdayaan perekonomian UMKM, perluasan lapangan kerja, bantuan langsung seperti Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) akan diemban Pemprov Jateng ke depan. Selain itu, pelayanan dasar masyarakat itu sangat penting, pun juga sektor pendidikan dan kesehatan. Dimana orientasi pendidikan dikhususkan bagaimana lulusan SMK bisa langsung punya lapangan pekerjaan. Bidang Kesehatan, rencanaa akan dibangun sejumlah puskesmas dengan fasilitasnya memadahi.

Tidak kalah penting adalah mengoptimalkan seluruh stakeholder yang ada, hal itu juga berhubungan dengan akademisi, tetapi harus didukung dengan sinergritas antara Pemprov dan Pemkab.

"Pemberdayaan UMKM, pemberdayaan ekonomi kecil, menengah, dan ekonomi kreatif harus didukung oleh Pemprov Jateng, hal ini untuk mendorong pencegahan pemadatan penduduk di Ibukota, sehingga tidak menimbulkan kemacetan," harapnya.(amin/priyanto)