Kembangkan Wisata, Warga Temanggung Minta Dukungan Dewan
GERUDUK DEWAN. Warga Temanggung datangi Gedung Berlian di Jalan Pahlawan Nomor 7 Kota Semarang, Kamis (21/3/2019), untuk meminta dukungan dari Rukma Setiabudi soal pengembangan pariwisata. (foto azam hanif adin)

GEDUNG BERLIAN - Provinsi Jateng memiliki potensi besar menjadi salah satu destinasi wisata besar di Indonesia. Hal itu bisa diwujudkan saat pemerintah provinsi konsen tentang pengembangan wisata berbasis desa.

Demikian disampaikan oleh Ketua DPRD Jateng Dr drs Rukma Setyabudi MM, saat menerima audiensi dengan perwakilan masyarakat Temanggung yang hadir ke Gedung Berlian, Jalan Pahlawan Nomor 7 Kota Semarang, Kamis (21/3/2019). Pada kesempatan itu, ia menjelaskan potensi keanekaragaman alam yang membentang di Jateng akan tetap lestari dan makmur di saat pengelolaannya berbasis desa. Misalnya di Temanggung, secara geografis berada diantara Gunung Sumbing dan Sindoro memiliki banyak potensi wisata.

"Jadi, masyarakat yang memahami betul daerahnya, potensinya apa saja, dan bagaimana pemerintah bisa memberikan perhatian terhadap pelayanan publik. Untuk itu, masyarakat bersama pemerintahan harus bisa bersinergi," katanya.

Ia juga mengatakan, dengan mengembangkan Wisata Desa, tidak hanya menambah pendapatan daerah tapi juga menaikkan taraf hidup masyarakat. Dikatakannya, tidak hanya wisata alam, Temanggung juga memiliki budaya dan tradisi yang bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung seperti atraksi khas Temanggung dan dunia kulinernya.

"Saya sudah melihat sendiri potensi wisata di Temanggung, ada atraksi yang khas seperti Topi Ireng, Kuda Lumping. Warok, kemarin di Mranggen Tempuran. Perkebunan, kuliner ada Kopi," terangnya.

Berkaitan tentang pengembangan industri pariwisata dan desa, perwakilan tokoh Temanggung Ipin menjelaskan saat ini pihaknya masih membutuhkan pengadaan alat, pelatihan, promosi, dan fasilitas publik. "Jadi, kami minta ada perhatian dari pemerintah. Seperti besok ada Festival Kopi Jembatan Sigandul Temanggung. Itu rutin dan kami berharap ada sinergi bersama," ungkap pria asal Desa Tlahap Temanggung itu.

Dalam audiensi masyarakat Temanggung dengan Ketua DPRD Jateng tersebut, hadir sekitar 100 orang. Terdiri dari tokoh masyarakat, pegiat lingkungan, wirausaha, kelompok petani, serta perangkat desa. (azam/ariel)