Komisi A Tak Ingin Raperda Trantibumlinmas Molor
TERIMA CENDERA MATA. Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono menerima cendera mata dari Satpol PP DIY.(Foto: Rahmat YW)

YOGYAKARTA - Komisi A DPRD Jateng tengah mengejar penyelesaian raperda tentang Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) pada tahun ini. Untuk  memperbanyak masukan dan saran, Komisi A dipimpin Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono berkujung ke  Kantor Satpol PP DIY, Selasa (15/5/2018).

Ferry mengatakan Perda Trantibumlinmas merupakan landasan umum atau urusan wajib dalam penyelenggaraaan pemerintahan darah dibidang ketertiban  umum di Jawa Tengah

Wakil Ketua Komisi A Fuad Hidayat mengatakan alasan mengunjungi Jogja dikarenakan berbatasan wilayah sehingga tidak menutup kemungkinan dalam proses penegakan ketertiban umum harus berkoordinasi atau bekerja sama dengan Provinsi DIY.

Dijelaskannya, di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih ada tarik ulur berkenaan dengan  tafsir ketertiban  umum terkait praktik lapangan. Beberapa kasus atau kegiatan apakah menjadi wilayah Satpol PP ataukan Polri yang juga bertanggung jawab terhadap ketertiban umum.

”Sebagai inisiator perda, kami harus membuat ini clear dulu sehingga setelah perda ini berjalan, diimplementasikan betul-betul sudah melalui proses pengkayaan atas sejumlah penyelenggara pemerintahan  yang telah berhsil mengimplementasikan perda trantiblinmas. daerah yang sudah memiliki Perda itu”, kata legislator Partai Kebangkitan bangsa itu.

Plt Kepala Satpol PP DIY Sulistyo mengatakan, pihaknya telah mempunyai Perda Trantibumlinmas seperti yang sedang dirumuskan Komisi A.  Perda  itu adalah Perda  No.2 /2017 mengatur sepuluh tertib yang saat ini sedang tahap sosialisasi. Dalam beberapa tertib, pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rangka penegakan perda. Misalnya berkaitan dengan  tertib lingkungan, berkoordinasi dengan Badan Lingungan Hidup, tertib sungai dengan Balai Besar Wilayah Sungai dan lain sebagainya.(rahmat/priyanto)