KPU Salatiga Fokus Garap Pemilih Pemula
PERSIAPAN PEMILU. Komisi A bersama Ketua KPU Salatiga Syaemuri (dua kanan) membahas persiapan Pemilu April nanti.(Foto: Setyo Herlambang)

SALATIGA - KPU Kota Salatiga terus berupaya meningkatkan jumlah partisipasi pemilih saat memberikan hak suaranya pada April mendatang. Terutama, partisipasi pemilih pemula yang menjadi salah satu target yang ditentukan pusat agar anak muda mau memberikan suaranya.

Demikian disampaikan oleh Ketua KPU Salatiga Syaemuri, saat menerima rombongan Komisi A DPRD Jateng ke KPU Salatiga, Rabu (16/1/2019). "Kami menyusun beberapa progam yang dijalankan untuk menigkatkan partisipasi jumlah pemilih pemilu 2019. Salah satunya menyasar pemilih pemula dengan agenda kegiatan jemput bola mendatangi kampus dan sekolah, mengenalkan pendidikan politik. Jumlah pemilih di Kota Salatiga nantinya berjumlah 135.149 orang," jelasnya.

Mendengar hal itu, Sekretaris Komisi A DPRD Jateng Ali Mansyur mengapresiasi progam-progam sosialisasi pemilu yang telah dilakukan. Ia berharap pemilih pemula dapat memenuhi target jumlah pemilih yang ditargetkan oleh pusat.

"Kami harap progam yang dirancang dapat mencapai jumlah target pemilih yang ditargetkan oleh pusat. Peningkatan jumlah partisipasi pemilu itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk sadar politik," terang Legislator Nasdem itu.

Anggota Komisi A lainnya, Romli Mubarok, lebih mengharapkan KPU Salatiga tetap wasada dalam pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang kadang ‘kurang sedap’ dipandang mata. "Salah satu tugas yang diperlukan adalah penataan APK lebih ditata dengan rapi sehingga tidak terkesan berantakan dan merusak tata keindahan kota," harap Romli.

Menanggapi Romli, Syaemuri menjelaskan penataan APK itu dilakukan bekerjasama dengan Pemkot Salatiga dan dinas terkait agar pemasangannya lebih tertata rapi. "Dalam pemasangan APK, kami bekerjasama dengan pemkot dan dinas terkait sehingga pemasangan APK tertata rapi dan tidak merusak keindahan tata Kota Salatiga," terang Syaemuri. (setyo/ariel)