KPU Wonogiri Antisipasi Daftar Pemilih Tambahan
BAHAS PEMILU. Ali Mansyur bersama komisioner KPU Wonogiri Divisi Data dan Informasi, Dwi Prasetyo membahas soal persiapan pemilu.(Foto: Fajar Chris)

WONOGIRI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri secara keseluruhan sudah melaksanakan tahapan dari Pemilu yang serentak akan digelar pada Rabu (17/4). Pernyataan itu diungkapkan komisioner KPU Wonogiri Divisi Data dan Informasi, Dwi Prasetyo kepada Komisi A DPRD Jateng, Selasa (26/3/2019).

Dalam beberapa pekan ini Komisi A terus road show ke Kantor KPU se kabupaten/kota guna mendapatkan informasi kesiapan lembaga penyelenggara pemilu itu untuk melaksanakan Pemilu Presiden/Wakil Presiden, DPR, DPRD provinsi, kabupaten/kota, dan DPD.

Dwi menjelaskan lebih lanjut, sekarang ini yang sedang ditunggu-tunggu KPU adalah peninjauan kembali aturan mengurus pindah memilih, terutama bagi warga yang tidak tercatat di daftar pemilih tetap (DPT).

“Setelah menetapkan DPTb tahap 2, kami masih menunggu keputusan judisial review terkait sudah ditutupnya permohonan pindah memilih, setelah ditutup H-30 kemarin,” ungkapnya.

Secara keseluruhan juga disinggung perihal upaya KPU untuk meningkatkan angka persentase partisipasi pemilih. Beberapa usaha sudah dilakukan, salah satunya membentuk Relawan Demokrasi sebanyak 55 orang, untuk membantu sosialisasi ke masyarakat.

Mengenai logistik pemilu yang sudah diterima KPU, saat ini yang belum diterima adalah surat suara untuk DPRD provinsi, kabupaten dan formulir berhologram. Sedangkan untuk 19.840 buah kotak suara yang dibutuhkan, masih ada kekurangan 131 buah. Untuk bilik suara sudah siap 2.172 buah.

“Untuk formulir berhologram juga belom kami terima, karena itu kewenangan KPU RI, kami berkeinginan agar H-3 semua logistik sudah sampai di PPK, dan H-1 bisa sampai di PPS” tambah Dwi.

Ali Mansyur berharap agar penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan baik, koordinasi antar penyelenggara pemilu ditingkatkan, karena muaranya pada kesuksesan pelaksanaan dan hasil yang dicapai.(fajar/priyanto)