Lestarikan Budaya, Rukma Semangati Pemuda Mertoyudan Magelang
TARIAN KONTEMPORER. Seni tari kontemporer dalam Pentas Seni di Dusun Dawung Desa Banjarnegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, Rabu (21/11/2018) malam, yang dihadiri Rukma Setyabudi. (foto ariel noviandri)

MERTOYUDAN - DInas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng menggelar pentas seni budaya di Dusun Dawung Desa Banjarnegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, Rabu (21/11/2018) malam. Dalam kemeriahan acara yang dipadati ribuan warga desa itu, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi menyempatkan diri untuk hadir dengan tujuan mendorong upaya pelestarian budaya di Kabupaten Magelang.

Saat memberikan sambutan, Rukma mengaku sangat bangga dengan semangat anak-anak muda desa yang masih bersedia mengisi acara dengan seni tari. Ia berharap semangat tersebut tidak pudar ditengah zaman digital saat ini.

"Saya cukup heran karena disini masih banyak anak-anak muda yang ikut menari tarian tradisional. Saya berharap anak-anak muda yang lebih dikenal dengan generasi milenial itu tetap melestarikan seni dan budaya Jateng agar semakin membanggakan bangsa dan negara," kata Legislator PDI Perjuangan itu.

Ia juga bersedia membantu kebutuhan desa dalam upaya pelestarian budaya itu agar setiap desa di Jateng bisa memiliki identitas budayanya masing-masing. "Teruslah berkarya dalam seni dan budaya supaya semua desa bisa berkembang maju," ucapnya semangat.

Acara pentas seni itu sendiri menampilkan berbagai tarian tradisional kontemporer sehingga menarik minat warga dari beberapa desa untuk menontonnya. Di akhir acara, Rukma menerima lukisan dari seniman muda setempat dengan tema 'Pengabdian Tulus Sang Pemimpin'. (ariel)