Pansus Tatib DPRD Jatim Kunjungi Gedung Berlian
BICARA TATIB. Anggota Pansus Tatib DPRD Jateng Joko Hariyanto saat menerima tamu dari Pansus Tatib Jatim di Ruang Rapim Gedung Berlian, Kota Semarang, Jumat (28/9/2018). (foto setyo herlambang)

GEDUNG BERLIAN - Anggota Komisi A DPRD Jateng yang juga anggota Panitia Khusus (Pansus) Raperda Tata Tertib (Tatib) DPRD Jateng, Joko Harianto, menerima rombongan Pansus Raperda Tatib DPRD Jatim di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 1 Gedung Berlian, Jalan Pahlawan Nomor 7 Kota Semarang, Jumat (28/9/2018). Pada kesempatan itu, Ketua Pansus Raperda Tatib DPRD Jatim Ahmad Feri mengatakan bahwa kunjungan ke DPRD Jateng tersebut guna belajar soal penyusunan Tatib yang segera akan dirampungkan pada tahun ini. 

"Kami berkmaksud untuk belajar sistem penyusunan tatib yang ada di Jatim, yang ditargetkan selesai pada tahun ini. Dalam tatib tersebut nantinya juga ada regulasi yang mengatur pelaksanaan reses yang semula 6 hari menjadi 8 hari," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Joko Harianto menjelaskan bahwa tatib yang berkaitan keseharian aktivitas kedewanan tidak berbeda jauh dengan lembaga legislatif dari provinsi lainnya. Adapun yang sedikit membedakan adalah pakaian yang dikenakan pada hari tertentu, sedangkan tatib yang berkaitan dengan reses saat ini masih dalam tahap pembahasan.

"Tatib yang dilaksanakan itu tidak jauh berbeda dengan yang ada di Jatim, sedangkan yang membedakan adalah penggunakan pakaian batik lurik yang dikenakan setiap selasa dan penggunan Bahasa Jawa setiap Hari Kamis. Sedangkan untuk tatib pelaksanaan reses sendiri masih tahap penyelesaian pada 12 oktober mendatang, mengingat yang sebelumnya 6 hari berubah menjadi 8 hari pelaksanaan reses," jelas Joko. (tyo/ariel)