Proyek Embung Ronggomulyo 1,2 Segera Selesai
TINJAU PROYEK. Jajaran Komisi D meninjau proyek embung di Desa Ronggomulyo, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang.(Foto: Ayuandani)

REMBANG - Komisi D DPRD Jateng memantau pelaksanaan proyek perbaikan dan pembangunan prasarana dan sarana air baku berupa embung di Desa Ronggomulyo, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, Jumat (2/11/2018).

Proyek yang didanai APBD 2018 sebesar Rp 1,975 miliar tersebut nantinya berfungsi untuk persedian air di 11 desa. Dijelaskan Sidiq Nugroho dari Dinas PU SDA dan Tata Ruang (Pusdataru) Jateng, secara teknis bangunan, ada dua embung yang sedang dikerjakan yaitu embung Ronggomulyo 1 dan 2. 

Embung Ronggomulyo 2 memilliki tinggi sekitar 1 meter dengan lebar 9 meter. Untuk luas dasar sebagai penampung air 669,6 m2. Selanjutnya proses pemanfaatan air dengan cara dipompa. 

“Ada dua embung yang sedang kami kerjakan embung Ronggomulyo 1 dan Ronggomulyo 2 kapasitas di masing-masing embung menurut saya sudah sangat mencukupi bila digunakan untuk 11 desa di Kecamatan Sumber ini,” kata Sidiq.

Saat meninjau lokasi perbaikan dan pengembangan sarana dan prasarana embung, anggota Komisi D Moch Ichwan mengatakan, pengembangan embung akan sangat bermanfaat bagi warga sekitar. Dengan sumber air yang diambil langsung dari sungai, embung ini dirasa cukup untuk dijadikan sumber air utama.

Ketua Komisi D Alwin Basri meminta kepada CV Aliya Konstruksi untuk bisa merampungkan pekerjaan tepat waktu sesuai dengan perjanjian kerja. Ia melanjutkan, Embung Ronggomulyo 1 yang letaknya tidak jauh dari Embung Ronggomulyo 2 memiliki kapasitas tampung air  mencapai 420 meter kubik dengan kedalaman 10 meter. 

Karena saat ini sudah memasuki musim penguhujan, Alwin berharap agar pengerjaan embung bisa dikebut agar nantinya hujan tidak dijadikan sebagai kendala pengembangan embung.

"Saya harap pengerjaan embung bisa secepatnya selesai dan tidak molor-molor agar secepatnya juga bisa dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar," tegas Politikus PDI Perjuangan itu.(ayu/priyanto)