Proyek Kolam Sungai Mukiran Harus Selesai 1 Desember
LIHAT PROYEK. Jajaran Komisi D melihat proyek pembangunan kolam dari atas Sungai Mukiran di Kabupaten Semarang.(Foto: Novi Haryoko)

UNGARAN - Komisi D DPRD Jateng memantau pelaksanaan proyek perbaikan dan pembangunan prasarana dan sarana air baku berupa longstorage Sungai Mukiran di Dusun Cabeyan, Desa Mukiran, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Kamis (11/10/2018).

Proyek yang didanai APBD 2018 Rp 2,5 miliar tersebut nantinya berfungsi untuk pengairan lahan persawahan seluas 102 hektare. Dijelaskan Sidiq Nugroho dari Dinas PU SDA dan Tata Ruang (Pusdataru) Jateng, longstorage atau kolam panjang nanti akan membendung Sungai Mukiran. Selanjutnya proses pemanfaatan air dengan cara dipompa.

"Lokasi longstorage ini berada di sungai di bawah desa dengan kedalaman sekitar 10 meter. Untuk tahun ini baru pembangunan fisik. Direncanakan pada 2019 dilanjutkan lagi untuk pemasangan pompa. Secara fungsi belum bisa digunakan pada tahun ini," ungkap dia di hadapan anggota DPRD.

Secara teknis bangunan, kolam tersebut memilliki tinggi sekitar 9 meter dengan lebar 15,5 meter. Untuk luas dasar sebagai penampung air 431 m2.

Ketua Komisi D Alwin Basri meminta kepada PT Surya Putra Kontraktor untuk bisa merampungkan pekerjaan tepat waktu. Sesuai perjanjian kerja, proyek awal tersebut harus rampung pada 1 Desember nanti. Sekretaris Komisi D Jayus melihat sisi pemanfaatan kolam nanti sangat berguna bagi petani sekitar terlebih saat musim kemarau. Dari penjelasan Dinas Pusdataru maupun kontraktor, cukup disayangkan pemanfaatannya belum bisa digunakan pada tahun ini. Pihaknya pada pembahasan RAPBD 2019 akan mencoba menyetujui pengajuan anggaran pompa supaya bisa digunakan petani.​(priyanto)