Rukma Dorong Pelestarian Budaya Magelang
KAMPUNG MANTYASIH. Rukma Setyabudi saat memberikan sambutan dalam 'Geliat Panggung Mantyasih' di Kampung Mantyasih Kelurahan Meteseh Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang, Rabu (21/11/2018). (foto ariel noviandri)

MAGELANG - Rabu (21/11/2018) malam, hiruk pikuk warga terlihat di Kampung Mantyasih Kelurahan Metesih Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang. Mereka berduyun-duyun memadati alun-alun kecil yang letaknya di tengah kampung tersebut.

Kemeriahan itu terjadi lantaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Jateng menggelar acara pentas seni dengan tema 'Geliat Panggung Mantyasih'. Acara tersebut diisi dengan alunan gamelan dan seni tari kontemporer yang dilakukan oleh anak-anak muda setempat.

Mewakili Dindikbud Jateng, Sugeng dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Magelang mengaku bangga telah menggelar pentas seni tersebut. Ia juga mengaku sangat apresiatif dengan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi yang bersedia hadir sehingga acara pentas seni semakin meriah.

"Kami (Disdik) sangat berterima kasih dengan kehadiran Bapak Rukma yang telah hadir disini. Kami berharap Bapak Rukma terus mendukung upaya pelestarian seni budaya di Kota Magelang," harap Sugeng, saat sambutan awal acara.

Ia juga menyempatkan untuk menyampaikan aspirasinya kepada Rukma, terutama upaya pelestarian seni dan budaya. Yakni, masih minimnya sound system dan lighting untuk pagelaran pentas seni.

"Disini, kami sudah punya peralatan, termasuk lighting yang merupakan bantuan dari Pemprov Jateng. Diharapkan, bantuan tersebut dapat tetap diberikan untuk mendukung upaya pelestarian budaya di Kota Magelang," ucapnya.

Mendengar hal itu, Rukma mengaku siap membantu sekaligus mendorong pemerintah provinsi untuk terus mendukung upaya pelestarian budaya tersebut. Karena, pelestarian budaya merupakan salah satu program pemprov untuk memajukan Provinsi Jateng.

"Saya melihat banyak anak-anak muda yang ikut dalam seni tari. Untuk itu, saya berharap anak-anak muda tidak menyerah untuk terus melestarikan budaya karena budaya tersebut mampu memajukan bangsa dan negara. Jangan menyerah, tetap semangat!," kata Legislator PDI Perjuangan itu saat memberikan sambutan dihadapan ribuan warga yang memadati lokasi pentas seni.

Usai memberikan sambutan, Rukma bersama Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina diminta panitia acara untuk menari bersama anak-anak muda. Hal itu sebagai wujud semangat DPRD Jateng dalam upaya pelestarian budaya Jateng. (ariel)