Rukma Minta Dinsos Rawat Nenek Sukimah
KASIH IBU. Rukma Setyabudi saat bertemu Sukimah disela-sela kunjungan kerja menuju Pondok Pesantren Mujahidin Bulu Temanggung, Rabu (6/11/2018). (foto: dok)

TEMANGGUNG - Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi mengunjungi Sukimah (73), seorang lanjut usia (lansia), asal Desa Traji, Kecamatan Parakan, di sela-sela kunjungan kerja menuju Pondok Pesantren Mujahidin, Bulu, Temanggung, Selasa (6/11/2018).

Kondisi Sukimah sangat memprihatinkan. Sementara, tempat tinggalnya sangat tidak layak untuk ditinggali untuk seorang nenek renta yang hidup sebatang kara. Di saat hujan, ia terpaksa harus mengungsi ke tetangga, karena atap rumahnya bocor.

"Kasihan, kondisinya sangat memprihatinkan, apalagi di saat hujan deras, Bu Sukimah ngungsi ke tetangganya," disampaikan Bu Hari, seorang tokoh masyarakat Parakan.

Mendengar hal itu Rukma Setyabudi terketuk. Ia langsung bergegas untuk melihat kondisi Sukimah.

"Memang kondisinya sangat miris, yang harusnya bisa menikmati masa tua, ini harus hidup sendiri sebatang kara, untuk itu segera koordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi untuk dijemput" tutur Rukma.

Tak butuh waktu lama, ia langsung mengontak Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Nur Hadi Amiyanto via telepon. Respons laporan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi segera ditindaklanjuti.

"Segera kami jemput hari ini juga tim dari Dinas Sosial meluncur, dan bila keluarga mengizinkan akan dibawa ke Panti Pelayanan Sosial di Ungaran," ucap Nurhadi.

Rukma pun dapat menghela nafas lega. Ia sangat iba melihat Sakimah yang penuh ketegaran dalam hidup.

SUDAH DIJEMPUT

Pada hari ini (7/11/2018), Dinsos Jateng menjemput Sukimah untuk kemudian dibawa ke Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia 'Wening Wardoyo' di Jalan kutilang Ungaran Kabupaten Semarang. Dalam cuitannya di media sosial, Twitter, Nur Hadi Amiyanto mengaku sangat mengapresiasi kesigapan petugas-petugas dinsos yang telah merespon hasil temuan dari Rukma Setyabudi tersebut.

"Terima kasih tmn2 petugas Panti Lansia @dinsosjateng Wening Werdoyo Ungaran yg sigap lakukan penjangkauan lansia terlantar di Grogol, Parakan, Temanggung Uti Sukimah, temuan Bpk DR Rukma S Ketua," kata Nur Hadi di Twitter.  

(ariel/priyanto)