Sekretariat DPRD Jateng Susun Rencana Kerja Lima Tahun
BAHAS RENSTRA. Jajaran struktural Sekretariat DPRD Jateng dan Wakil Ketua Komisi A Fuad Hidayat membahas renstra Sekretariat DPRD.(Foto: Ervan Ramayudha)

GEDUNG BERLIAN – Sekretariat DPRD Jateng menjabarkan Rencana Strategis (Renstra) kinerjanya selama lima tahun ke depan. Hal itu diketahui dalam rapat jajaran struktural yang dipimpin Sekretaris DPRD Drs Ign Indra Surya, Selasa (9/10/2018) di ruang Badan Anggaran (Banggar) lantai 4, Gedung Berlian. Turut menghadiri pula Wakil Ketua Komisi A Fuad Hidayat. 

Dalam rapat tersebut membahas perihal visi, misi dan program kegiatan Sekretariat DPRD Jawa Tengah ke dalam perencanaan lima tahunan dan memberikan arah dalam menunjang pelaksanaan pembangunan daerah yang bertujuan menjadi pedoman penyusunan rencana kerja (Renja) Perangkat Daerah. Dari rancangan itu kemudian akan digunakan sebagai bahan penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).

Selanjutnya menjamin keterkaitan perencanaan, penganggaran, serta pelaksanaan program dan kegiatan untuk periode lima tahun ke depan. Termasuk pula dalam menjabarkan Renstra Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Tengah 2018 – 2023 dan RPJMD Provinsi Jawa Tengah 2018 – 2023. 

Indra Surya menyatakan, kesimpulan dari hasil rapat penyusunan renstra dari “Program Pelayanan Kedewanan”. Sekretariat DPRD mampu membantu dan mendukung DPRD Provinsi Jawa Tengah menjalankan tiga fungsi Kedewanan yakni legislasi, anggaran dan pengawasan dengan baik. 

Disinggung pula terkait rencana pengembangan Gedung Berlian yang sempat berhenti. Jajaran Sekretariat DPRD akan meneruskan pembangunan dengan mengacu PP No 73/2011, Pasal 12 ayat (8) yang berbunyi rencana kebutuhan dan pendanaan pembangunan gedung negara, yang pendanaannya bersumber dari APBD Provinsi atau APBD Kab/Kota, terlebih dahulu harus diprogramkan dan ditetapkan dalam RPJMD. Kegiatan “Wakil Rakyat Mengajar” akan menjadi subkegiatan pada kegiatan penyelenggaraan tugas Alat Kelengkapan Dewan (AKD).(ervan/priyanto)