Tumbuhkan Kewirausahaan, ​Pabrik Arisa Harus Munculkan Program Kemitraan
PABRIK PLASTIK. Komisi B DPRD Jateng saat memantau pabrik plastik, PT Arisa Mandiri Pratama, di Kabupaten Demak, Kamis (8/11/2018). (foto muhamad faiz fuadi)

DEMAK – Komisi B DPRD Jateng berkunjung ke PT Arisa Mandiri Pratama yang berlokasi di Jalan Raya Semarang-Purwodadi Km 20 Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak, Kamis (8/11/2018). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memonitoring perkembangan pabrik yang memproduksi plastik.

Pada kesempatan itu, Anggota Komisi B DPRD Jateng Achsin Ma’ruf mengaku sangat mengapresiasi PT Arisa karena mampu menyerap tenaga kerja mencapai 5000 orang. Artinya, keberadaan PT Arisa tersebut sangat bermanfaat untuk perekonomian masyarakat sekitar.

Senada, Anggota Komisi B DPRD Jateng Sukarno berharap pabrik itu bisa menumbuhkan wirausaha kecil dengan cara bermitra. ”Kami berharap, selain menyerap tenaga kerja sekitar, akan lebih baik jika pabrik juga bisa memberikan program kemitraan dengan memberdayakan sekaligus membina wirausaha kecil di lingkungan pabrik," kata Sukarno.

Menanggapi hal tersebut, Pemilik PT Arisa Mandiri Pratama Ruddy Widjaja mengatakan proses penyerapan tenaga kerja diprioritaskan bagi masyarakat sekitar tanpa memandang lulusan. ”Kami tidak melihat lulusan, namun keniatan yang serius para pekerja untuk mengubah nasib. Setelah benar-benar ingin bekerja, kami didik sesuai dengan kebutuhan dari pabrik,” jelas Ruddy.

Seperti diketahui, PT Arisa Mandiri Pratama merupakan perusahan yang berdiri sejak 1992 dengan luas lokasi pabrik sekitar 20 hektare. Produk yang dihasilkan dari pabrik tersebut merupakan plastik yang diekspor ke 43 negara di dunia. (faiz/ariel)