LAPORAN RESES PDI PERJUANGAN
Didiek Hardiana Prasetyo. (foto teguh prasetyo)

GEDUNG BERLIAN - Laporan hasil Reses III Fraksi PDI Perjuangan disampaikan oleh Didiek Hardiana Prasetyo dalam sidang paripurna DPRD Jateng, Jumat (16/12/2016). Dalam laporannya, Fraksi PDI Perjuangan menilai pelaksanaan reses mempunyai manfaat yang besar dalam memonitor, menyerap aspirasi masyarakat tentang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan maupun problem kemasyarakatan.

Di bagian lain paparannya, Didiek menyatakan, aspirasi yang diajukan masyarakat sangat bervariatif, mulai dari soal pemerintahan, perekonomian hingga kesejahteraan masyarakat. “Untuk itu, Pemprov Jateng perlu memberi prioritas pada program dan kegiatan yang mampu mendorong perluasan dan kesempatan kerja, daya saing usaha produktif dan pendapatan, khususnya masyarakat pedesaan,” katanya.

Berbagai temuan selama reses diantaranya kegagalan panen maupun tanam (pertanian) akibat anomali cuaca yang sering terjadi akhir-akhir ini berupa curah hujan yang tinggi dengan intensitas yang juga tinggi dan berdampak pada kerugian yang diderita para petani. “Oleh karena itu, program pembuatan embung sebagai cara menampung dan mengendalikan pasokan air irigasi sangat penting untuk terus dilaksanakan,” ungkapnya.

Masalah lain adalah perlunya penguatan sinergitas antara kabupaten/ kota dengan provinsi dalam membangun infrastrutur, khususnya koneksitas jalan untuk melancarkan lalu lintas perekonomian dari daerah pedalaman dan pedesaan ke wilayah perkotaan. “Terkait itu, kiranya pemberian bantuan keuangan kepada desa perlu dipermudah serta pengklasteran desa penerima bantuan harus mempertimbangkan kondisi riil pedesaan miskin, miskin sedang dan miskin rendah berdasarkan data yang valid,” tutup Didiek. (sunu/ariel)