PANDANGAN UMUM FRAKSI GERINDRA
Sugiarto. (foto teguh)

GEDUNG BERLIAN – Fraksi Partai Gerindra DPRD Jateng mendukung usulan Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dari Gubernur. Pernyataan dukungan itu disampaikan dalam Pandangan Umum Fraksi Partai Gerindra yang dibacakan oleh Sugiarto, saat Sidang Paripurna, Senin (1/8/2016).

Dalam pandangan Gerindra, raperda itu harus disesuaikan dengan kondisi di Jateng seperti jumlah penduduk, besaran beban tugas, dan kemampuan keuangan Daerah. Fraksi Partai Gerindra juga mengingatkan bahwa keberadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tidaklah diperuntukan untuk melayani dirinya sendiri tapi untuk melayani masyarakat sehingga mampu untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Akuntabilitas kinerja setiap penyelenggara pemerintahan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya harus selalu ditingkatkan dan menjadi fokus perhatian bagi pemerintah," kata Sugiarto.

Ia juga mengatakan penerapan prinsip efektifitas dan efisiensi dalam sebuah organisasi tentu akan membawa dampak pada penghematan penggunaan anggaran daerah. Untuk itu, perlu kajian mendalam agar tidak tumpang tindih dan aparatur bisa bekerja secara maksimal.

"Juga penempatan pejabat di pos jabatan yang baru nanti, diharapkan bisa sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas, tidak semata-mata mengedepankan nilai tinggi dari lelang jabatan. Dengan adanya moratorium ASN, adanya perampingan SKPD, diharapkan para aparatur yang instansinya dilebur bisa didistribusikan ke SKPD yang kekurangan pegawai dengan mempertimbangkan kompetensinya," pungkasnya. (fajar/ariel)